Apa itu Digital Printing?

Apa itu Digital Printing?

Digital Printing – Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, dunia mulai dimudahkan dengan berbagai hal-hal yang saat ini sudah berbasis digital, salah satunya seperti di dunia percetakan.

Digital printing adalah teknik pencetakan modern yang menghasilkan cetakan langsung dari file komputer daripada slide atau foto, tanpa melalui beberapa media perantara seperti negatif film atau pelat. Digital printing digunakan untuk berbagai kebutuhan percetakan komersial baik hitam/putih maupun berwarna. Beberapa perusahaan digital printing seperti Twin Digital juga dapat menyediakan:

  • Pencetakan format besar seperti poster, kanvas dan cetakan akrilik
  • Pencetakan ekstra lebar untuk aplikasi eksternal skala besar seperti spanduk atau backwall

Saat ini percetakan digital printing online semakin banyak digunakan sebagai pengganti bentuk pencetakan lama seperti offset. Sangat mudah untuk memahami mengapa ketika Anda melihat banyak keuntungan yang ditawarkan pencetakan digital:

Keuntungan Digital Printing

Pencetakan digital memiliki banyak keunggulan, yang utama adalah biaya produksi yang lebih rendah. Ini sering digunakan untuk pencetakan warna sesuai dengan permintaan pelanggan. Ini sangat hemat biaya untuk pencetakan singkat karena biaya pengaturan yang rendah dan fakta bahwa tidak ada batasan volume minimum. Keunggulan lainnya meliputi:

  • Pilihan proses yang beberapa di antaranya dapat digunakan untuk aplikasi pencetakan definisi tinggi
  • Pencetakan dapat dilakukan pada banyak media berbeda
  • Tinta tahan air dan tahan pudar dapat digunakan
  • Cocok untuk bahan cetak untuk penggunaan interior atau outdoor
  • Berbagai ukuran dapat dicetak termasuk format besar dan format ekstra lebar

Proses Digital Printing

Ada berbagai proses yang dapat digunakan untuk pencetakan digital, pilihannya ditentukan oleh aplikasi dan tujuan penggunaan. Di antaranya adalah:

Inkjet Printing. Menghasilkan grafik foto-realistis dengan intensitas warna yang cemerlang. Keserbagunaannya menjadikannya pilihan yang baik untuk grafik tampilan format besar. Printer inkjet menggunakan tinta CMYK untuk menghasilkan warna penuh dan dapat mencetak ke berbagai media sehingga proses ini cocok untuk penggunaan di dalam maupun di luar ruangan.

UV Printing. Adalah proses pencetakan full color format besar berkualitas tinggi dan hemat biaya. Prosesnya menggunakan tinta UV ramah lingkungan yang diawetkan dengan sinar UV, sehingga sangat tahan terhadap pudar, tahan air dan abrasi. Ini sangat cocok untuk grafik luar ruangan karena dapat mengatasi semua kondisi cuaca. Ada dua jenis pencetakan warna UV:

  • Roll fed. Gulungan atau roll, di mana gambar dicetak pada gulungan media seperti kain.
  • Flatbed. Dicetak langsung ke permukaan datar, baik yang kaku ataupun fleksibel seperti PVC board.

Lambda  Printing. Menggunakan teknologi laser untuk menghasilkan grafis tampilan resolusi tertinggi untuk cetakan foto berkualitas tinggi pada kertas foto, film atau Duratrans. Ini sangat cocok untuk grafik tampilan format besar karena memberikan gambar fotografis yang tajam, tone yang konsisten dan cetakan warna high-impact.

Berbagai Macam Permukaan Media Cetak

Pencetakan digital printing menghasilkan gambar definisi sangat tinggi pada berbagai bahan dengan ketebalan, berat, dan hasil akhir yang berbeda termasuk kertas foto, vinil, kanvas dan berbagai tekstil. Printer flatbed digital juga dapat mencetak langsung ke sebagian besar permukaan yang kaku atau fleksibel dengan permukaan datar termasuk: PVC, akrilik, polyboard dan kartu.

Penerapan Digital Printing

  • Spanduk. Sering digunakan untuk iklan luar ruang dan tanda acara. Biasanya dicetak pada vinil yang paling murah digunakan untuk tinta tahan cuaca.
  • Poster. Banyak digunakan dalam pameran dagang dan sektor ritel sebagai cara yang sangat hemat biaya untuk mempromosikan perusahaan, produk atau jasa. Dapat dicetak di atas kertas matte, satin atau gloss dengan berbagai ukuran.
  • Foto. Dapat dicetak di atas kertas, kain dan bahan kaku seperti papan poster atau inti busa.
  • Cetakan Kanvas. Terlihat hampir sebagus aslinya dan dapat digunakan untuk mereproduksi seni rupa atau foto berkualitas tinggi dan dapat dipasang pada bingkai kayu.

Kelebihan Mesin cetak Digital

  1. Mesin yang menggunakan sistem digital bisa disetting menggunakan komputer yang menghasilkan proses cetak lebih cepat.
  2. Tidak perlu repot-repot dalam mencetak banyak hanya perlu mengatur dalam software mau nyetak berapa saja
  3. Mesin cetak digital mampu mencetak 1 lembar terlebih dahulu untuk proses proofing sebelum mencetak masal
  4. Dengan menggunakan mesin digital, mampu menghemat sumber daya manusia.
  5. Bisa dijadikan bisnis oleh orang awam sekalipun karena mudah digunakan
  6. Mesin Cetak digital printing mampu mencetak berbagai macam baha dengan mesin cetak offset. Jadi banyak yang berkecimpung di dunia digital printing

Mesin cetak digital printing tentunya juga memiliki kekurangan, berikut adalah kekurangan mesin cetak digital:

Kekurangan Mesin Cetak Digital

  1. Harga mesin yang tinggi mampu menguras kantong yang lebih dalam dibandingkan percetakan offset ataupun sablon
  2. Dengan banyaknya orang yang mengikuti bisnis digital printing tentunya persaingan bisnis yang lebih ketat
  3. Jika mesin cetak dijual, harga jualnya sangat jatuh
  4. Membutuhkan perawatan yang cukup menyulitkan dan biayanya yang mahal

Bagi anda yang ingin mencetak, Twindigital.id selalu meberikan pelayanan terbaik untuk kalian semua baik order melalui online ataupum offline. Twindigital.id selalu mengedapankan customer dengan moto kami yaitu, One day Service! Satu hari pengerjaan.

Temukan Twin Digital di:

Situs web: twindigital.id
Facebook. :  twindigitalprinting
Instagram:  twindigital.id
Tiktok:  twindigital.id
Shopee:  shopee.co.id/twin_creative  dan  shopee.co.id/twindigitalprinting
Tokopedia:  tokopedia.com/twindigital

Bagikan: