Cara Pesan

Pusat Bantuan

Dampak PPKM

Dampak PPKM Terhadap UMKM di Jakarta

Dampak PPKM Terhadap UMKM Di Jakarta – Para UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) mulai merasa resah dengan pemerintah yang menetapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Meskipun banyak yang memahami dengan pemberlakuan PPKM untuk memutuskan tingkat covid-19 yang semakin hari semakin meningkat. PPKM ini berlangsung dari tanggal 11 Januari 2021 hingga 25 Januari 2021 dan berlaku kepada seluruh masyarakat Jawa sampai Bali.

Keadaan ini diberlakukan karena peningkatan yang signifikan untuk penderita Covid – 19 yang pasiennya hampir selalu meningkat dan terbukti positif di setiap rumah sakit setelah melakukan swab test. Dengan pemerintah menerapkan sistem PPKM, tentunya sangat berpengaruh terhadap keuangan yang memiliki UMKM bagi pemasukannya. Tak hanya itu, bagi UMKM yang tidak memiliki pemasukan sama sekali tentunya mereka akan mengurangi karyawan karena tidak sanggup membayar upah mereka.

Beberapa pengamat melihat sistem pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) akan berdampak pada kantong masyarakat, dalam hal kebutuhan rumah tangga . Bahkan, keputusan tersebut berpotensi membuat masyarakat panik berbelanja atau panic buying karena tak ada pemasukan yang signifikan karena mengalami pemotongan gaji atau dikeluarkan dari tempat kerjaanya.

Dengan minimnya pemasukan yang dialami oleh UMKM, tentunya membuat mereka harus mengubah strategi yang dijalaninya. Dengan keadan seperti ini orang lebih mengambil langkah utama dengan berjualan online. Salah satu yang terjadi pada UMKM yang harus menutup toko fisiknya beralih menjadi online, sebab dengan pembatasan jam yang ditentukan pemerintah mereka tak bisa mendapatkan pemasukan yang lebih untuk menutupi kekurangan yang dialaminya saat pertengahan covid-19.

Dampak PPKM Terhadap UMKM

Dampak PPKM terhadap UMKM ialah memberlakukannya pembatasan jam operasional yang disampaikan kepada Pemerintah Daerah di tujuh Provinsi yang berada di Pulau Jawa sampai Bali, agar mengambil langkah-langkah cepat, tepat, fokus dan terpadu bersama Pemerintah Pusat, untuk mengatur pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat yang berpotensi menimbulkan penularan virus Covid-19.

Antara lain menerapkan Work From Home (WFH) sebesar 75% di tempat kerja dan perkantoran, melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring, membatasi operasional mall dan pusat perbelanjaan hanya hingga pukul 19.00 WIB, membatasi kapasitas layanan dine in di rumah makan dan restoran hanya 25%, membatasi kegiatan di rumah ibadah hanya 50% dari kapasitas yang tersedia dengan protokol kesehatan yang ketat, membatasi jam operasi dan kapasitas transportasi, menutup fasilitas umum dan menghentikan kegiatan sosial budaya.

Semoga dampak PPKM kali ini tidak terlalu berpengaruh untuk para UMKM dan yang paling penting ialah semoga pandemi covid-19 segera berakhir. Selain itu, semoga semua orang bisa melakukan aktifitasnya tanpa perlu dibatasi oleh pemerintah

custom dari rumah

Custom Online Saat PPKM

Untuk kalian yang ingin melakukan custom produk di digital printing pada saat PPKM, kalian bisa melakukan custom menggunakan digital printing online dari rumah aja. Kalian hanya perlu pilih produk dan pilih mengupload desain yang ingin kalian cetak. Twindigital.id mampu memberikan pelayanan online murah dan mudah, selain itu harga yang diberikan oleh https://twindigital.id sangat terjangkau dibandingkan yang lain.

Produk unggulan kami antara lain, custom sticker label, custom tumbler murah print uv, custom tumbler grafir dan custom hiasan dinding dekorasi ruangan.

Temukan Twin Digital di:

Website      : twindigital.id
Facebook.  : www.facebook.com/twindigitalprinting/
Instagram  : www.instagram.com/twindigital.id/
Tiktok         : twindigital.id
Shopee        : shopee.co.id/twin_creative
Tokopedia  : tokopedia.com/twindigital

chat